Pages

CARA MEMPERBAIKI AVO METER YANG X 1 OHM METER NGACO (KACAU )

Jengkel,kesal itulah ketika kita menggunakan avo meter melakukan kesalahan misal ketika kita mengukur tegangan eh malah pada posisi skala X 1 pada Ohm Meter,tak ayal lagi skala X1 ohm meter kita jadi ngaco.Menurut pengalaman admin sudah berulang kali admin lupa memindahkan saklar rotary ini.Maklum namanya juga manusia yah,hehehe.
Padahal sekala X1 ohm meter di avo ini sering kita gunakan dalam pengukuran resistor,transistor ataupun jalur di mainboard.Mungkin skala X1 ini terbanyak di pergunakan,bukan kah begitu para master?
Untuk yang pemula di dunia elektronika dan yang belum mengetahui cara memperbaiki nya,admin sedikit bagi pengalaman cara memperbaiki avometer ini.Mula mula kita buka dulu avometer kita kemudian PCB yang ada di dalam kita balik dulu.Hati hati dalam membalikan PCB ini,Eh iya lupa terkadang komponen yang berada di PCB ini ada yang di pasang di atas,dan ada juga yang sebalik nya.
Biasa nya ketika ketika kelupaan dalam pengukuran,alat yang pertama rusak adalah resistor yang nyambung ke jalur X1 ohm meter tadi,Tahanan ini benilai 18 ohm hampir rata rata di setiap avometer.Untuk ukuran 18 ohm ini perlu anda ketahui karena rata rata resistor ini sering terbakar sampai hitam,yang ujung ujung nya warna nilai dari resistor ini tidak bisa di ketahui.
Walaupun resistor ini tidak hitam,ada baik nya dig anti saja kalau ketika pengukuran di skala X1 nya ngaco,untuk memastikan ngaco atau tidak nya X1 di ohm meter ini anda bisa menggemgam kedua ujung kabel avometer warna hitam dan merah ini masing masing tangan kanan dan kiri.Kalau Jarum AVO meter bergerak sedikit saja maka di pastikan resistor 18 ohm ini rusak.
Sebagai langkah antisipasi juga anda bisa mengecek komponen lain seperti dioda dioda di PCB avometer ini kalau kalau ada yang korslet,,tapi biasa nya ini jarang terjadi.
Mudah mudahan ada manfaat nya