Pages

Memperbaiki Radio Tuner FM Biar Lebih Sensitif ( Penerimaan lebih Baik ).

Tape Radio Recorder istilah masyarakat tape radio compo,merupakan model atau jenis yang merupakan salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat baik di daerah maupun di perkotaan,sering kita mendengar seperti radio Elshinta,Muara FM,Radio dahlia ,dan lain nya baik di radio compo atau juga di radio penerima di mobil mobil.Tak bisa di pungkiri radio masih merupakan sarana hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat.

Kita tahu sekarang sudah jarang sekali pilihan untuk radio player atau apalagi tape recorder,karena tape kaset sudah mulai di tinggalkan seiring dengan diganti nya oleh pemutar CD atau DVD,serta USB player.
Tetapi karena model compo ini  di disedikan juga untuk penerimaan radio khususnya Radio FM,maka kebanyakan masyarakat memanfaat kan fasilitas radio nya sebagai sarana hiburan.

Radio FM istilah lain Tuner FM sampai sekarang makin exis,tak terpengaruh oleh makin banyak nya media lain seperti Televisi,surat kabar bahkan internet.Siaran siaran radio baik RRI maupun swasta makin bertambah.

Pesawat penerima radio pun mulai dari yang manual dengan cara memilih ( tuning ) chanel nya dengan cara di putar sampai pesawat radio dengan sistem digital yaitu tuning chanel nya menggunakan remote control.
Hal yang akan dibahas adalah cara memperbaiki radio FM manual ( Tuner FM ) agar penerimaan nya lebih sensitif atau penerimaan nya lebih bagus,khususnya bagi didaerah daerah terpencil karena makin jauh kita dari pemancar radio maka kualitas signal atau daya tangkap makin lemah.
Di kit atau rangkaian tuner FM manual ini terdiri dari beberapa bagian  penting diantara nya yaitu varco sebagai pemilih saluran.penguat RF sebagai penguatan signal dan modulator,perubah signal radio menjadi suara.
Alat atau komponen mana saja yang sering rusak ?
Alat atau komponen yang sering rusak di radio tuner ini adalah Varco,dan X.tal 10.7 MHZ.Penggantian yang tepat di kedua komponen ini akan menghasilkan kualitas penerimaan radio yang baik.
Radio Tuner atau radio penerima FM ini akan terganggu oleh signal signal lokal,atau harmonik yang dihasilkan oleh Trapo,Ac matic,komputer ,televisi dan parabola  neon PLC dan yang lain lain nya,apabila signal radio pemancar nya jauh dan lemah,maka hindari penggunaan bersamaan dengan radio tersebut.