Pages

Mengatasi Tv LG Ultra Slim 21SB6RD Blinking Merah Bergaris Garis.

Televisi LG Ultra Slim memang sudah populer di tengah tengah konsumen di Indonesia.Terkadang dalam seminggu konsumen ada saja yang service tv LG Ultra Slim ini.Testimoni pemakai variasi sekali,ada yang sudah 3 tahun baru rusak,ada yang satu tahun sudah rusak,ada yang bilang awet dan banyak lagi,memang sih tv LG Ultra Slim ini bisa dikatakan tangguh,kuat dan tahan lama,tergantung pemakaian tentunya.Kenapa bisa dibilang tergantung pemakaian?

Ya terkadang ada pemakai yang mematikan televisi dengan remote saja tanpa mematikan tombol power dan cabut steker listrik,tentu saja kebiasaan tersebut kurang tepat,karena kita tahu walau sudah dimatikan oleh remote,tapi tegangan utama masih masuk ke sebagian mainboard tv tersebut,hal ini lambat laun akan mengakibatkan berkurang nya daya tahan komponen karena tidak pernah istirahat mengatur tegangan.Maka ada baik nya setelah tv di pergunakan maka steker listrik di cabut atau tombol utama di tv di matikan.Hal ini juga berpengaruh pada konsumsi listrik jadi makin hemat.

Dalam kali saya akan berbagi pengalaman tentang perbaikan salah satu Tv LG Ultra Slim 21SB6RD yang keluhan kerusakan nya adalah gambar merah bergaris garis tanpa signal.Tv LG ini menyala terang tapi gambar yang tampak garis garis dan merah semua,tak ada tanda tanda warna lain yang muncul,alias tv LG Slim 21SB6RD ini blinking merah bergaris garis.

Hal ini baru pertama kali menemukan kasus tv LG Ultra Slim seperti ini,karena kebanyakan kerusakan tv LG Ultra Slim sering nya gambar hanya bergaris horizontal saja,atau bisa dikatakan gejala nya seperti rusak IC vertikal,

Oke kita kembali ke permasalahan TV LG Ultra Slim ini yang keluhan nya blingking merah dan bergaris garis.Setelah beberapa titik di lakukan pengukuran baik bagian vertikal,RGB dan juga yang lainnya,akhirnya di pastikan bahwa kerusakan ada pada bagian RGB alias panel belakang layar.
Tapi setelah dilakukan pengecekan baik itu tegangan 180 volt yang menuju soket layar ternyata bagus tanpa kendala dan juga alat alat seperti TR penguat video khususnya bagian warna merah juga bagus,tapi kenapa TV LG Sultra Slim ini ko bermasalah pada warna merah nya,masih saja blinking garis garis bahkan OSD pun tidak tampak.
Pada saat kebingungan seperti ini,teringat kasus tv merk lain yang kerusakan nya sama,cuman waktu itu yang blinking warna nya hijau dan persis juga bergaris garis,waktu itu kaki layar hijau nya korslet dengan ground.Nah loh mungkin juga tv LG Ultra Slim ini juga kerusakan mirip cuman yang membedakan nya adalah tv LG Ultra Slim ini adalah kaki layar yang Red atau merah.
Akhir nya dilakukan lah pencabutan kaki ground yang mana yang korslet ke kaki layar bagian merah ini,dan ternyata di ketahui adalah kaki ground heater.
Maka solusi nya adalah tegangan heater berikut ground heater nya harus dipasang tegangan terpisah.
Oh iya sobat lihat lah gambar di bawah ini,saya rubah tegangan heater nya tidak nyambung ke ground utama,melainkan melilit 3 lilit kabel ke ferit flyback.Lihat gambar.


Kaki heater dan kaki ground heater di cut atau di putus dari jalur tegangan
Akhirnya proses modifikasi selesai juga,waktunya test,nyalakan tv dan bray tv pun normal tanpa kendala,mudah mudahan lancar awet walau dengan teknik modifikasi,hehe.Maklum kan kalau beli layar baru anggaran nya pasti mahal.Itulah pengalaman saya dalam melakukan service tv LG Ultra Slim ini dengan kasus blinking warna merah bergaris garis,mudah mudahan ada manfaatnya.Salam browser ria kawan.

gan bawaan nya,dan diganti dari lilitan kabel dari ferit flyback tadi.Dan tegangan yang dihasilkan adalah antara 3,7 sampai 5 volt.Ada baik nya pasang tahanan 1 ohm untuk jaga jaga.