Pages

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Terhenti Di Android Oppo


Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Terhenti Di Android Oppo

Dalam artikel ini admin akan membahas tentang cara mengatasi galeri telah berhenti,pengelola file telah berhenti,atau aplikasi bbm telah berhenti di oppo yoyo R2001.Juga di bawah ditulis artikel cara flashing oppo yoyo R2001 serta resiko resiko ketika IC EMMC nya error.


Kali ini kita akan mengulas tentang salah satu problem di salah satu aplikasi di android dan yang menjadi bahan artikel kali ini adalah android merk Oppo R2001 yang terkena permasalahan sayang nya Galeri telah terhenti,Sayang nya Pengelola File telah terhenti.Setidak nya itulah beberapa pesan yang muncul di android ku ini yang terkena error dan tentu saja untuk membuka aplikasi yang terhenti itu akan susah di buka.


Permasalahan :


Sayang nya galeri telah berhenti di Oppo Yoyo
Sayang nya pengelola file telah terhenti di oppo yoyo.
Sayang nya BBM telah berhenti
Sayang nya kamera telah berhenti di Oppo
Sayang nya aplikasi telah berhenti di Oppo
Sayang nya galeri telah berhenti.


Sebelum nya selamat siang sahabat opreker !

Reset Oppo Yoyo R 2001.Lakukan hati hati melakukan proses reset karena apabila ada masalah di hardware seperti emmc nya rusak maka setelah melakukan reset bisa bisa malah oppo yoyo kita mati total. Padahal sebelumnya hanya muncul sayang nya galeri telah berhenti atau pesan error lainnya.

Inilah pengalaman cara reset oppo yoyo punya aku sengaja aku berbagi pengalaman supaya menjadi referensi buat kita semua.

Beberapa cara telah aku coba untuk mengatasi maaf galeri telah berhenti atau maaf pengelola file telah berhenti ini,atau bahasa lain mengatasi sayang nya galeri telah terhenti di Oppo Yoyo ini yaitu dengan cara di antara sebagai berikut :


1 Melakukan force close atau memaksa salah satu aplikasi yang error tersebut di berhentikan paksa.Cara nya masuk pengaturan,app,semua cari aplikasinya kemudian melakukan force stop.Hal ini ternyata tidak berhasil karena mungkin memang aplikasi nya sudah terhenti sebelumnya alias coruft.

2 Proses clear cache aplikasi di aplikasi yang error tersebut.Cara nya masuk pengaturan>>app>>semua cari aplikasinya pilih clear cache dan juga clear data. Lagi lagi hal ini tidak membuahkan hasil.

3 Reset factory atau kembali ke pengaturan pabrik di menu setting , dan lagi lagi pas di coba galeri tetap terhenti di oppo yoyo ini,berarti dengan cara ini ternyata tidak membuahkan hasil setidak nya di oppo yoyo punyaku ini.

4 Nah akhirnya aku pakai cara yang lebih extreem yaitu melakukan hard reset atau recovery mode dengan kombinasi dua tombol yaitu tombol power dan tombol volume min.Tentunya cara cabut dahulu batre kemudian pijit bersamaan tombol power dan vol min bersamaan setelah muncul recovery mode di sisi bawah lepaskan kedua tombol tersebut,pilih wipe cache dan clear data.Reboot. Dan ternyata sobat oppo yoyo aku malah mentok di logo,tidak bisa masuk menu dibiarkan hampir seperempat jam oppo yoyo aku mentok di logo atau bahasa lain stuck logo.


Cara melakukan flashing di Oppo Yoyo R2001.


Kalau sudah begini bisa bisa bukan software nya saja sobat,karena menurut beberapa kasus hal ini juga bisa di akibatkan hardware nya juga bermasalah di EMMC nya.Walaupun ada juga beberapa kasus hanya software nya saja.Yah daripada menjadi penasaran akhirnya aku mencari rom atau stok rom ori oppo yoyo ini dan kebetulan menemukan di sebuah forum di sini.Akhirnya setelah di download ku buka flash tool,step step nya aku bahas di bawah ini.

Cara melakukan flashing di Oppo Yoyo R2001.

  1.     Buka flash tools.exe.
  2.     Klik "scatter-loading",
  3.     Pilih "mt6582_android_scatter" dari folder frimeware Oppo R2001
  4.     Semua daptaran firmware akan tampak di bar yang tercentang pada Sp flash tools
  5.     klik dua kali userdata yang kosong, isi dengan "userdata_nvram_only.ext4" yang ada di folder firmware oppo R2001.
  6.     Klik memory test.
  7.     Select all .
  8.     Klik start.
  9.     Colok kabel usb ke komputer/ laptop (tanpa batre).
  10.     Pencet volume up
  11.     Akan muncul warna merah loading dan proses test memory akan muncul,baca semua laporan yang muncul  di layar.

Perhatikan apakah Nand Flash dan EMMC error tidak,kalau tidak ada kata error maka proses flashing bias di lanjutkan ke mode download sebagai berikut :


  1.     Cabut lagi kabel USB dari HH ke PC.
  2.     Klik download pada flash tools
  3.     Colok kabel usb ke komputer/ laptop (tanpa batre).
  4.     Pencet volume up
  5.     Akan muncul warna merah loading dan tunggu sampai tulisan oke warna hijau muncul.
  6.     Tunggu sampe proses flashing selesai.




NB : Apabila dalam proses memory test di dapati emmc error atau nand flash error di oppo yoyo atau pun juga android lainnya,kemungkinan besar ic emmc nya bermasalah.Tentunya perbaikan akan lebih sulit karena tentunya tidak hanya menggunakan software flash saja. 

Dan apabila HH oppo yoyo ini masih bisa menyala walaupun hanya sampai  stuk logo saja ketika emmc error maka apabila dipaksakan melakukan flashing walaupun download mode selesai maka hasil akhirnya oppo yoyo akan mati atau bootloop total minimal kalau proses flashing dipaksakan maka Oppo Yoyo kita hanya getar saja ketika power on di pijit.

Tentunya kita harus komunikasikan dahulu kepada yang punya hape nya biar tidak ada salah paham tentunya itulah cara ke hati hatian kita sebagai opreker untuk menjaga biar tidak ada masalah. Hati hati lah dalam mengaplikasikan pengalaman orang lain karena mungkin saja situasi HH tidak lah sama. Kami tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan akibat tulisan ini.